Konfigurasi Samba Di Linux Slackware

     Setelah lama saya tidak posting lagi karena saya lier mau posting apa akhirnya saya memutuskan untuk posting dengan topik cara sharing file di linux dengan menggunakan samba. Samba adalah tool yang dapat berjalan di berbagai sistem operasi, samba menggunakan protocol TCP, biasanya samba digunakan untuk berinteraksi dengan client Microsoft Windows. Bisa berinteraksi jika mengkonfigurasi dengan baik dan benar. Samba bisa berjalan di semua distro linux, tetapi kali ini saya menggunakan slackware 13.37 x86_64. Secara default samba sudah terinstall di slackware tetapi jika belum terinstall silahkan anda download source code sambanya di sini dan kompile packetnya sendiri.

    Pada tutor saya kali ini saya tidak menggunakan user melainkan langsung menggunakan root. Jika anda ingin menggunakan user maka lakukan pembuatan user.

#useradd kamil ==> kamil adalah nama user yang anda buat
Dan lakukan pemindahan hak milik file yang akan di share :
#chown kamil:kamil share/ ==> share/ adalah nama folder yang berisi file yang akan di sharing
Seterusnya tinggal mengikuti tutor berikut.

- Buat folder yang akan di sharing.

Telah terbuat folder sharing dengan kepemilikan root.

- Selanjutnya set password untuk sambanya

Masukkan password sesuka hati anda. -a root berguna untuk mengeset password samba pada user root.

- Selanjutnya liat nama workgroub windows di klik kanan my computer – properties – tab computer name.

Di atas sudah jelas bahwa nama workgroupnya adalah WORKGROUP. Nama computernya adalah slack. Konfigurasi windows di atas bisa di rubah dengan mengklik kotak change..

- Selanjutnya mari kita lakukan kofigurasi sambanya yang berada di /etc/samba. Untuk mengkonfigurasinya bisa menggunakan apa saja mau vim, vi, gedit, nano, joe dkk sesuka hati anda.

# nano /etc/samba/smb.conf

Pertama yang saya rubah adalah workgrubnya secara default MYGROUP. Yang kedua adalah securitynya ini akan memberikan pengamanan jadi yang bisa membuka file sharingnya hanyalah orang-orang yang tau nama user beserta passwordnya.

Selanjutnya saya setting network yang akan saya sharing dengan IP 192.168.56.2/24. Karena komputer saya berIP 192.168.56.1 maka saya tidak perlu mendapatkan file yang di sharing.

Secara default yang saya lingkari sebernya tidak diberikan koment # . Saya berikan koment # karena jika di uncomment atau tidak diberi # nantinya client dapat membuka directory home server dan tanpa password.

Pada bagian akhir saya menambahkan konfigurasi baru. [ultrametal] ==> menjadi nama folder sharenya. Path = /sharing ==.> folder yang akan di sharing sesuai dengan yang sebelumnya telah dibuat. availabel ==> untuk menampilkan. valid users ==>user yang sah untuk mengakses. browsable ==>  dapatmelihat lihat. Public ==> dapat dilihat oleh umum. writable ==. dapat di edit edit dalamnya.

- Setelah konfigurasi sambanya selesai selanjutnya aktifkan service samba, di slackware service berada di /etc/rc.d . setai saya kalo di debian di init.d

Oke service samba sudah aktif. jika anda belum yakin kalo service samba anda belum aktif silakan lakukan pengecekan service yang aktif dengan nmap. Seperti di bawah ini :

127.0.0.1 adalah IP local dan -sV adalah scan service. Oke disana sudah jelas kalo service samba sudah aktif.

- Selanjutnya kita lakukan test konfigurasi samba apakah sudah jalan ataukah belum dengan menggunakan testparm

Disana sudah jelas terlihat yang akan di share adalah printers dan ultrametal dan tidak ada error. Oke kita berhasil..

- Selanjutnya isikan folder /sharing dengan file apa saya. Contohnya :

# cp /root/arif/image/gundam2.jpg /sharing/

- Oke selanjutnya buka windows dan masuk ke run atau win + r.

Isikan dengan \\ip-komputer-samba\ . Di atas sudah jelas kalu ip komputer samba adalah 192.168.56.1 . Enter maka akan muncul kotak dialog security dari samba seperti di bawah ini

Isikan user yang sebelumnya sudah di konfigurasikan, karena saya menggunakan root maka ketikkan root. Untuk passwordnya adalah yang tadi telah di set di #smbpasswd -a root. OK , maka akan muncul seperti di bawah ini

Karena konfigurasi yang di buat di samba [Printers] dan [ultrametal] maka akan muncul seperti gambar di atas. Sebelumnya kita telah mengcopykan file gundam2.jpg ke dalam folder sharing maka file tersebut akan ada di dalam ultrametal, mari kita buktikan.

woke sudah terbuktikan. di dalam folder ini kita dapat menambahkan maupun mengedit file di dalamnya karena di konfigurasi samba writable = yes.

- Selanjutnya saya akan membuka client dengan sistem operasi linux backtrack.

pilih Places – Network

disana ada 3 pilihan karena nama hostname network di slackware darkstar maka masik ke darkstar

Yoyoy ada ultrametal tuh. Masuk ke dalam ultrametal maka akan otomatis meminta password seperti halnya windows

Masukkan password dan usernamenya sama halnya dengan windows di atas. Connect

Setelah memasukkan pasword kita akan masuk ke dalam ultrametal dan di sana ada file yang di share oleh si slackwarenya.

Oke berakhir sudah tutorial saya tentang file sharing menggunakan samba. Kalo ada yang salah jangan ragu ragu untuk menyampaikannya di komentar. Karena saya juga masih newbie..

2 thoughts on “Konfigurasi Samba Di Linux Slackware

  1. Hasbullah says:

    sempat ketipu kirain windows ternyata hanya tema.

Leave a Reply

