Shell pada linux adalah jembatan yang menhubungkan antara si user dengan kernel atau biasanya disebut dengan inti dari OS. Si user sendiri dapat mengumpulkan sekumpulan perintah pada sebuah file untuk nantinya di eksekusi sebagai program. Shell pada linux juga dapat melakukan pemrograman, ini adalah salah satu kelebihan dari si Linux. Program di dalam shell biasanya di sebut juga script shell.

Sebelum membuat sebuah shell tentunya kalian juga harus mengetahui command command line pada Linux. Untuk belajar command line pada linux bisa langsung aja dicari aja di internet, sudah banyak ko yang posting tentang command command line pada Linux.

Langsung aja keprakteknya, kita dapat membuat script shell pada text editor, tinggal cari aja dimenu. Sedangkan kalo lewat terminal kita tinggal pindah ke directory dimana kita mau membuat script shell dengan perintah cd  seperti contohnya :

root@machine:/home/arif#cd coba/

root@machine:/home/arif/coba#

sudah pindah tu ke directory coba yang ada di dalam home/arif/ . kemudian ketikan perintah gedit namafile , membuka text editor dengan nama file yang dimasukan contohnya :

root@machine:/home/arif/coba#gedit coba

didalam text editor itu kalian tuliskan perintah dengan tujuan kalian masing masing. saya akan memberikan contoh sederhana, saya akan memasuka perintah clear ke dalam sana yang nantinya jika saya jalankan script yang di tulis di text editor maka terminal akan menjalankan perintah clear sama seperti ketika kita langsung mengetikan di terminal clear. langsung aja nih ketikan text berikut pada text editor anda.

#!/bin/sh

clear

kalo udah ditulis jangan lupa di save ya. setelah itu kita harus ngechmod perintah tersebut agar dapat diruning, dengan cara:

root@machine:/home/arif/coba#chmod +x coba

root@machine:/home/arif/coba#

coba diatas adalah nama dari file yang tadi diketik di text editor.setelah di chmod barulah kalian dapat menjalankan program tadi tapi sebelumnya penuhin dulu deh terminalnya pake apake, baru di runing dengan cara sbb :

root@machine:/home/arif/coba#./coba

tereretttt terminal kalian langsung bersih kan. Kita dapat pula menjalankan program berupa input seperti pada java cuma bahasa yang di pakai beda looh. caranya itu sama seperti yang tadi cuma pas di text editor ketikan seperti di bawah ini :

#!/bin/sh

echo -n “siapa nama and


read xa ?”

echo “oh!! sebenarnya siii saya sudah tau kalo nama anda $x”

trus di save tu langkah selanjutnya sama seperti di atas, lakukan chmod dulu baru di runing tapi ga perlu penuhin terminal dulu looooh…

echo adalah perintah untuk cetak , -n untuk melakukan penginputan sedangkan read x adalah memasukan yang tadi kita input ke dalam variabel x. sedangkan $x adalah mengembalikan nilai yang tadinya sudah di masukan ke dalam variabel x.

sekian dulu yaaaa…