Sebelum saya membicarakan tentang desa, saya akan membahas tentang masyarakat terlebih dahulu karena di dalam desa ada masyarat yang mmenempati suatu wilayah yang disebut desa tersebut.. Masyarakat adalah kumpulan dari individu individu yang memiliki tujuan yang sama dan menempati suatu daerah dan juga mempunyai hubungan baik antar sesamanya. Masyarakat dibagi menjadi dua tipe masyarakat, yang pertama adalah masyarakat kecil yang belum begitu kompleks.

Pada masyarakat kecil ini belum mengenal adanya pembagian kerjadan masih belum mengenal adanya kesatuan dan kesatuan. Tipe masyarakat yang kedua adalah masyarakat kompleks. Masyarakat komplek ini sudah sempurna dibandingkan dengan masyarakat kecil karena sudah mengenal ilmu tehnologi dan sudah mengenal era modern.

Kehidupan didalam desa hubungan antar warganya lebih erat dan kekeluargaan karena meraka mempunyai tujuan hidup yang sama. Mata pencarian penduduk desa biasanya adalah petani oleh sebab itu mereka sangat erat dan saling membantu karena mereka mempunyai tujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka dengan cara bertani. Gotong royong merupakan pekerjaan yang sudah biasa bagi mereka, seperti membuat jalan raya dan membersihkan desa mereka lakukan dengan bergotong royong. Kegiatan gotong royong ini akan membuat mereka semakin bersatu dan akrab seperti satu keluarga. Kehidupan yang tentram diciptakan didesa, setiap ada masalah yang timbul mereka akan segera menyelesaikannya dengan mengadakan musyawarah bersama, sehingga segala keputusan yang diambil untuk menyelesaikan masalah di dengar dan diterima oleh semua warganya.

Saling membantu merupakan sifat mereka. Keadaan yang nyaman dan tentram berada didesa, karena kehidupan disana masih sangatlah murni, masih belum tersentuh dengan era modern yang menimbulkan banyak efek negative. Tetapi banyak anak anak yang hanya dapat bersekolah sampai lulus sekolah dasar saja karena rata rata kepala keluarga mempunyai penghasilan dari bertani yang minim. Bahkan ada yang tidak lulus dalam menimba ilmu di sekolah dasar. Ini yang membuat banyak anak anak desa yang sudah bekerja pedahal umurnya masih anak anak. Sampai sekarang masih ada saja anak anak yang belum bisa membaca dan menulis. Pedahal anak anak dari desa adalah anak anak yang mempunyai bakat dan kreativitas. Perkembangan kemajuan hanya dirasakan di kehidupan kota saja. Lagi lagi masalah seperti ini membuat kehidupan desa semakin alami tanpa campur tangan era modern.

Udara di pedesaan masih bersih tanpa ada polusi sama sekali. Ini disebabkan banyak pohon di daerah pedesaan dan rata rata masyarakat pekerjaannya bertani dan bercocok tanam. Oleh karena itu udara di desa masih alami dan sejuk, ketika ada udara yang terkotori lansung disaring oleh daun dari pohon pohon di desa sehingga tingkat polusi tidak ada. Lagi pula mereka tidak memakai kendaraan dan alat elektronik yang menghasilkan polusi. Kehidupan sehat pun mereka jalani dengan memakan sayuran membuat masyarakat di pedesaan hidup dengan sehat karena pola makan mereka yang sehat, mereka menjalani hidupnya biasa biasa saja tanpa menyadari kalau mereka menjalani kehidupan sehat. Bercocok tanam merupakan kegiatan lain mereka. Dengan begitu sumberdaya alam terjaga dan terawat.

Masuk kedalam desa itu menyenangkan dan dapat mendapatkan pelajaran pelajaran berhara. Mulai dari kebiasaan hidup yang sederhana dan mensyukuri apa yang di berikan Tuhan. Ibadah pada kehidupan di desa merupakan rutinitas yang harus dijalani. Hukum adat di daerah pedesaan masih ada dan terasa seperti contohnya. Melakukan upacara adat di setiap waktu tertentu merupakan keharusan yang dijalani setiap waktu itu tiba. Ladang yang luas merupakan tempat yang menambah keindahan dari desa sekaligus menjadikan tempat mencari sesuap nasi bagi warga pedesaan. Terkadang ketika musim gagal panen tiba mereka tidak dapat memakan nasi seperti layaknya masyarakat kota. Mereka hanya memakan umbi umbian yang tumbuh pada subur pada musim gagal panen tiba. Keahlian dalam kehidupan di alam mereka miliki seperti contohnya mereka dapat membuat pisau yang terbuat dari batu yang runcing. Mereka dapat kamar tempat membuang hajat hanya dengan kayu seadanya.

Kreativitas yang mereka miliki membuat mereka dapat hidup di segala medan dan kuat dalam menghadapi segala cobaan. Dalam memperoleh obat obatan mereka tidak membelinya di apotek seperti kebanyakan masyarakat kota melainkan mereka membuat obat obatan dengan tumbuh tumbuhan yang mempunya khasiat menyembuhkan penyakit tertentu. Seperti daun sirih mempunyai banyak khasiat , salah satu khasiat dari daun sirih adalah mengobati batuk. Mereka tidak perlu membeli obat batuk ke apotik, sedangkan apotik saja tidak ada di sana sekalinya ada sangat jauh dari desa mereka, mereka menggunakan daun sirih untuk menyembuhkan batuk.

Masyarakat di daerah pedesaan ramah ramah dan open terhadap semua orang, membuat orang yang berkunjug ke desa mereka merasa nyaman di tambah dengan suasana desa yang masih begitu alami, membuat orang yang berkunjung kesana merasa relaks dan bahagia.