Seorang sarjana dari perguruan tinggi diharapkan menjadi sarjana yang ahli dalam bidang yang ditekuninya serta mampu menerapkan kemampuannya untuk kepentingan masyarakat umum dan bangsa Indonesia. Macam macam kemampuan yang dimiliki seorang sarjana :

  1. Kemampuan akademis

Kemampuan akademis didapatkan saat seorang sarjana mendapatkan kemampuan akademis saat diperguruan tinggi melalui mata kuliah keahlian. Mata kuliah keahlian diberikan di samping matakuliah kokulikuler yang akan menunjang kulikuler. Tujuan dari kemampuan akademis adalah untuk mendapatkan keahlian dalam bidang masing masing mahasiswa yang ditekuninya dan mampu menerapkan keahlian tersebut ke dalam masyarakat luas. Dari kemampuan ini seorang sarjana di tuntut untuk dapat berkomunikasi secara ilmiah, baik lisan maupun tulisan. Menguasai peralatan analisis dalam bidang yang ditekuni seorang mahasiswa. Seorang sarjana juga dituntut untuk dapat memiliki kemampuan konsepsional untuk mengidentifikasikan suatu masalah yang dihadapi dan merumuskannya, drta mampu meanawarkan alternative pemecahannya. Contohnya adalah seorang sarjana membuat software pemutar music yang dapat digunakan oleh semua kalangan masyarakat

  1. Kemampuan Professional

Kemampuan professional adalah kemampuan dalam bidang profesi tenaga ahli dalam bidangnya. Kemampuan ini di dapat sama halnya dengan kemampuan akademis. Didapatkan dari kokulikuler sebagai mata kuliah penunjang dari kulikuler. Tujuan dari kemampuan ini adalah agar seorang sarjana memiliki pengetahuan dan keterampilan yang tinggi dalam bidang profesinya. Contohnya adalah seorang sarjana tehnik informatika mampu membangun suatu jaringan LAN dan mampu untuk menggukan serta mensettingnya.

  1. Kemampuan personal

Kemampuan personal adalah kemampuan pribadi. Dalam mencapai kemampuan ini, maka para calon calon sarjana mempelajari mata kuliah dasar umum. Mata kuliah dasar umum ini diantaranya adalah Ilmu Dasar alam, Ilmu Sosial Dasar, Ilmu Budaya Dasar dan lain lain. Dengan pembelajaran tersebut diharapkan dapat memberikan pedoman dasar untuk bertindak sebagai warga terpelajar yang baik dan mampu untuk meningkatkan kepekaan mahasiswa tentang lingkuan alamiah. Secara spesifik kemampuan pribadi bertujuan untuk menghasilkan sarjana yang berkualitas.memiliki pandangan yang luas dan kepekaan terhadap berbagai masalah yang dihadapi masyarakat Indonesia. Contohnya adalah seorang sarjana memahami nilai pancasila dan tidak melanggar peraturan peraturan yang ada.