Dalam kehidupan dikenal ada tiga karakter dan lingkungan yang dimiliki oleh manusia yaitu individu , keluarga, dan masyarakat.

  1. Individu

Individu merupakan suatu sebutan yang dipakai untuk menyatakan suatu kesatuan yang paling kecil dan terbatas. Individu bukan berarti manusia sebagai suatu keseluruhan malainkan sebagai manusia perorangan. Individu atau pribadi manusia merupkan keseluruhan jiwa raga yang mempunyai cirri khas tersendiri. Jadi individu adalah mahluk yang tidak dapat dibagi bagi , dan tidak dapat di pisahkan jiwa dan raganya. Sifat dan fungsi orang orang yang ada disekitar kita adalah makluk makluk yang seperti berdiri sendiri, banyak hal yang berbeda dari orang yang satu dengan yang lainnya. Seorang individu tidak hanya memiliki peranan khas di dalam lingkungan melainkan mempunyai kepribadian dan pola tingkah laku tersendiri. Contohnya adalah setiap orang memiliki sifat yang berbeda. Bahkan jauh berbeda dengan orang lain.

  1. Keluarga

Keluarga adalah satuan terkecil dari masyarakat atau bagian terkecil dalam masyarakat. Hubunganya dengan individu dering disebutkan primary group. Keluarga merupakan kelompok primer yang penting di antara masyarakat. Keluarga merupakan sebuah group yang terbentuk dari laki laki dan perempuan. Jadi keluarga dalam bentuk murni merupakan satu kesatuan social yang mempunyai sifat sifat tertentu yang sama. Keluarga menghasilkan individu dengan berbagai macam bentuk kepribadiannya dalam masyarakat. Fungsi keluarga hanyalah sebagai keturunan saja. Keluarga pada umumnya tersusun dari seorang individu individu yang selalu berusaha menjaga rasa aman dan ketentraman ketika menghadapi segala suka duka dalan ikatan hidup bersama. Contohnya adalah seorang individu ayah membimbing anaknya sehingga menjadi individu yang baik dan memberikan nafkah terhadap individu individu dalam keluarganya.

  1. Masyarakat

Masyarakat adalah suatu kelompok yang manusia yang memiliki tata kehidupan dan adat istiadat yang ditaati oleh individu individu yang membentuknya. Tata kehidupan yang dimiliki menjadi dasar kehidupan social, sehingga menjadikan kelompok manusia yang memiliki ciri cirri kehidupan yang khas. Contohnya masyarakat sunda berasal dari nenek moyang atau keturunan dari orang orang sunda waktu lampau.