Perspektif perilaku menyatakan bahwa perilaku sosial kita paling baik dijelaskan melalui perilaku yang secara langsung dapat diamati dan lingkungan yang menyebabkan perilaku kita berubah. Perbedaan utama dalam perspektif perilaku meletakkan struktur sosial (makro) sebagai perilaku sosial individu, sedangkan sebagian lebih memandang individu (mikro) merupakan agen yang aktif dalam membentuk perilakunya sendiri.

Perilaku dalam struktur makro berdasarkan pengamatan, presiden mengambil peran kepemimpinan, yang berada diangkatan bersenjata akan mengambil peran dalam perlindungan, dan sehari hari masyarakat bertanggung jawab dalam menjaga kehidupan ekonomi. Dalam skala yang lebih kecil terdapat dalam keluarga. Dalam keluarga ibu sebagai pemelihara anak sedangkan ayah bertanggung jawab dalam mencari nafkah dan menyiapkan segala kebutuhan di keluarganya.

Perilaku dalan struktur mikro berdasarkan pada pengamatan yang berada di sekolah sekolah, melihat peraturan peraturan yang ada disana terutama peraturan yang diwajibkan bagi siswa untuk datang tepat pada waktunya, menggunakan seragam yang telah di tentukan berdasarkan hari, dan bersikap hormat kepada semua guru. Kewajiban kewajiban tersebut ada dalam peraturan dan memiliki sanksi jikalau ada siswa yang melanggar peraturan tersebut. Dari contoh tersebut terdapat cara bertindak, berpikir dan berperasaan yang ada diluar sekolah, yang memaksa para siswa dan mengendalikan para murid dengan peraturan peraturan tersebut.