Dikota banyak yang dapat kita dapatkan. Dalam kehidupan kota pendidikan merupakan prioritas utama. Jika masyarakat kota tidak berpendidikan maka ia tidak akan sukses hidup dikota. Pendidikan juga menjadi tolak ukur sampai dimana kemampuan dari seseorang. Pendidikan menjadi hal yang paling penting dalam kehidupan kota dan sebagai pacuan bagi masyarakat kota untuk mendapatkan pekerjaan yang layak. Dilihat dari biaya pendidikan di kota, pendidikan di kota lebih mahal dibandingkan dengan pendidikan pendidikan di desa.

Tetapi ilmu yang didapat juga sebanding dengan apa yang dikeluarkan karena dapat dilihat dari segi fasilitas di kota lebih memadai untuk menghasilkan seorang pelajar mempunyai kemampuan dalam bidangnya masing masing.

Masyarakat di perkotaan lebih banyak yang hidup sendiri sendiri maksudnya adalah tidak akrab dengan tetangganya masing masing. Mereka tidak hidup perkelompok seperti masyarakat desa melainkan hidup secara individual. Menurut mereka masalah pribadi merupakan privasi. Kurang ramahnya lingkungan di perkotaan karena mereka lebih berpikir dirinya sendiri tanpa memikirkan orang lain. Pencemaran banyak terjadi di perkotaan karena terlalu banyaknya kendaraan di perkotaan dan sering kali angkutan umum yang tidak terawat sehingga mengeluarkan asap yang banyak. Masyarakatnya juga kurang peduli terhadap kebersihan lingkungan. Terkadang yang membuat masyarakat membuang sampah sembarangan adalah banyaknya penjual yang menyediakan makanan ringan yang menghasilkan sampah disamping itu minimnya tempat sampah di daerah perkotaan. Kurang pedulinya masyarakat kota terhadap lingkungan membuat tercemarnya lingkungan terutama pada sungai di daerah perkotaan.

Sungai didaerah perkotaan semuanya tercemar akibat banyaknya masyarakat yang membuang sampah di sungai, terkadang pabrik pabrik yang menghasilkan limbah beracun membuangnya di sungai. Kurangnya perhatian pemerintah dalam menangani pencemaran dikota membuat daerah perkotaan semakin kotor. Pohon pohon ditebangi untuk dibuat pabrik, mall, dan jalan raya semakin memperburuk keadaan dikota. Banyak kejahatan yang terjadi dikota karena mahalnya biaya pendidikan dan kurangnya lapangan pekerjaan untuk orang orang yang pendidikannya kurang. Disamping itu kejahatan muncul karena banyaknya pengangguran dan kurangnya kepedulian pemerintah kota terhadap para pengangguran. Ini adalah masalah yang sulit untuk diselesaikan karena banyaknya pengangguran didaerah perkotaan. Kejahatan penipuan banyak terjadi di daerah perkotaan karena mereka tidak mendapatkan pekerjaan untuk memenuhi keperluan hidup mereka. Masih banyaknya kemiskinan. Ada pula orangnya malas untuk bekerja sehingga mereka melakukan kejahatan karena pekerjaan yang tidak terlalu berat tetapi mendapatkan keuntungan yang banyak. Mereka tidak mempedulikan keselamatan jikalau mereka tertangkap oleh pihak yang berwajib.

Walaupun masyarakat kota itu berpendidikan tapi sebagian dari mereka masih menggunakan emosi dalam menyelesaikan suatu masalah. Kesibukan yang terjadi di daerah kota membuat emosi mereka meningkat ketika mereka mendapatkan masalah. Kepadatan lalulintas juga banyak terjadi di perkotaan. Bagi masyarakat kota peraturan dibuat hanya untuk dilanggar. Terkadang masyarakat desa merantau ke daerah perkotaan agar dapat sukses dikota. Sebagian ada yang berhasil karena keuletan dan keberuntungannya tapi malah sebagiannya tidak berhasil.