Indonesia dalam peringkat di dunia menempati peringkat empat dalam jumlah penduduknya. Ini disebabkan karena meningkatnya kehidupan sosial ekonomi dan meningkatnya kualitas dari sarana kesehatan. Sehingga menurunkan angka kematian. Jadi angka kematian lebih kecil dibandingkan angka kelahiran. Masyarakat Indonesia masih mengikuti ajaran dari leluhurnya, dalam masalah ini berkaitan dengan ajaran dari leluhur adalah banyak anak banyak rejeki. Oleh karena itu pertumbuhan penduduk di Indonesia sangat cepat.

Pertumbuhan penduduk akan berakibat pada permasalahan di bidang lapangan pekerjaan. Jumlah lapangan pekerjaan yang yang sedang terbuka lebih kecil dibandingkan dengan penduduk yang sedang mencari pekerjaan. Ini akan berakibat banyaknya pengangguran. Terjadilah pengangguran dimana mana. Akibat dari banyaknya pengangguran maka tingkat kriminalitas semakin melonjak seiring dengan melonjaknya pengangguran akibat dari lapangan pekerjaan yang terbatas.

Semakin padatnya penduduk pada suatu wilayah juga akan mempengaruhi dalam lingkungan hidup. Dengan banyaknya penduduk maka akan semakin banyak sampah dan tempat akhir penampungan sampah akan semakin berkurang kapasitasnya. Kurangnya lapangan pekerjaan dapt berakibat pula pada kemiskinan. Mereka yang melanda kemiskinan tidur dipinggir sungai membangun rumah, dan juga tidur dikolong jembatan. Kerusakan lingkungan terjadi dimana mana.

Dan juga semakin banyaknya manusia yang membutuhkan kekayaan alam. Seperti halnya semakin banyak penduduk maka akan semakin banyak air yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Dan menyebabkan kualitas air menurun karena tidak sebanding dengan yang dihasilkan oleh alam. Semakin banyak penduduk juga menuntut pemerintah untuk membangun pembangkit pembangkit listrik karena semakin banyak rumah yang tumbuh akibat pertumbuhan penduduk yang tidak dapat ditahan.

Kebutuhan pada bahan bahan bangunan semakin meningkat diakibatkan banyaknya penduduk. Sehingga peristiwa penebangan hutan secara ilegal tidak dapat dielakan. Dan juga pengambilan pasir dan batu batu untuk membangun rumah juga banyak di perlukan. Bahan bangunan yang berupa batu diambil dari tebing tebing, sehingga terjadinya longsor akibat terlalu banyaknya diambil sehingga tebing tidak mampu untuk menahan tanah.