Tujuan postingan saya tentang menjalankan software dalam mode root ini berdasarkan pengalaman saya waktu dulu. Ceritanya saya akan menginstall software tambahan pada ubuntu, kebetulan software yang mau saya install itu adalah gerix dari backtrack. Yauidin saya tambahin repositorynya backtrack di ubuntu saya lalu saya install deh gerixnya.
Tetapi saya jadi bingung pas saya buka dari menu, si gerixnya ngasih info kaya gini nih.
Ternyata saya harus menjalankan gerix ini dalam mode root. Kali ini saya akan menjelaskannya lewat terminal, kalo mau lewat gui pake gksu nautilus.
Lansung aja saya akan menjelaskan menjalankan mode root lewat terminal :

  1. yang pasti ketikkin “sudo su” dulu bro supaya jadi root, cieeee root
  2. ketikkin perintah locate buat cari file-file software yang mau kita buka sebagai root. Kali ini saya akan mencari file gerix.
  3. Sip udah dapet tu hasil pencariannya cari file yang formatnya .py
  4. copy alamat beserta filenya
  1. paste in di terminal dengan menekan shift+ctrl+v , tambahkan “start pada akhirnya
  2. enter, akan muncul

woke sudah selesai deh, gerix sudah terbuka dengan mode root. Untuk membuka software lainnya kalo ga ada masalah bisa. Hahahaha.
Selamat mencoba kawan…