Buat yang bosen ngeliat terminalnya gitu gitu aja, saya akan memberikan tutor untuk merubah terminal yang “arif@machine:~$” atau yang ga punya user “root@machine:~#” sesuka hati anda.

Supaya anda lebih sering di terminal di banding cara auto matis. Pada postingan saya kali ini saya menggunakan ubuntu dari distro debian, kenapa harus ubuntu? Karena distro linux yang saya punya dan mendukung untuk postingan saya kali ini hanya ubuntu. Ubuntu mempunyai user biasa jadi saya tidak perlu membuat user lagi, dan mempunyai superuser atau root.

Woke karena saya tidak bisa basa basi jadi langsung aja menuju ke TKP. Pertama saya akan mengedit pada bagian user saja cara untuk mengedit superuser berbeda. Baiklah ikuti langkah-langkahnya :

Seperti yang di tulis bisa menggunakan text editor apa saya, setelah itu ENTER, lihat gambar di bawah ini.

Yang saya berikan koment # adalah yang default dari sananya sedangkan yang di atasnya itu yang saya buat. Jangan lupa di save setelah itu. dan buka terminal baru lihat hasilnya sekarang.

Dapat di lihat pada mode user sudah berubah jadi $ saja sedangkan mode rootnya belum. Oke setelah berubah sekarang kita akan memberikan warna pada $ nya. cekedot

Disana hanya di tambahkan di awal \[\e[0;31m\] dan di akhir \[\e[m\ . Jangan lupa di save trus buka terminal baru.Sudah berubah warnanya…

Untuk yang super user atau mode root sama saja yang di edit seperti di atas tapi file yang di edit berada di /root disana ada file dengan nama .bashrc juga. Silahkan edit file tersebut sama seperti yang di atas, jangan lupa untuk mengedit file yang berektensi root harus masuk sebagai superuser atau root.

kalo masih kurang jelas sialah kan lihat catatan saya di bawah ini.

\a karakter bel ASCII (07)
\d tanggal dalam “Tanggal Bulan Hari Kerja” format (misalnya, “Tue May 26”)
\D {Format} format akan diteruskan ke strftime (3) dan  hasil format yang kosong dalam waktu-lokal spesifik $ diperlukan
\e ASCII karakter escape (033)
\h nama host ke `pertama. ‘
\H hostname
\j jumlah pekerjaan yang saat ini dikelola oleh shell
\l basename nama perangkat shell terminal
\n newline
\r carriage return
\s nama shell, basename $ 0 (bagian setelah garis miring akhir)
\t waktu sekarang dalam 24-jam HH: MM: SS format yang
\T waktu sekarang dalam 12-jam HH: MM: SS format yang
\@ Waktu sekarang dalam 12-jam am / pm format yang
\A waktu sekarang dalam 24-jam HH: MM Format
\u nama pengguna dari pengguna saat ini
\v versi dari bash (misalnya, 2.00)
\V pelepasan bash, versi + tingkat patch (misalnya, 2.00.0)
\w direktori kerja saat ini, dengan $ HOME disingkat dengan tilde
\W basename dari direktori kerja saat ini, dengan $ HOME disingkat dengan tilde
\! jumlah sejarah perintah ini
\# Jumlah perintah dari perintah ini
\$ Jika UID efektif adalah 0, a #, jika tidak $
\ nnn karakter yang sesuai dengan angka oktal nnn
\\ Backslash
\[ Mulai urutan tidak mencetak karakter, yang dapat digunakan untuk menanamkan urutan terminal kontrol ke prompt

warna prompt shell :
warna hitam ==> PS1=”\[\e[31;1m\]\u@\[\e[30;1m\]\H: -> \[\e[0m\]”

Black 0;30 Dark Gray 1;30
Red 0;31 Light Red 1;31
Green 0;32 Light Green 1;32
Brown 0;33 Yellow 1;33
Blue 0;34 Light Blue 1;34
Purple 0;35 Light Purple 1;35
Cyan 0;36 Light Cyan 1;36
Light Gray 0;37 White 1;37

warna merah ‘\[\e[0;31m\]warna merah\[\e[m\] ‘