Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimili bersama oleh sebuah kelompok dan diwariskan dari generasi ke genrasi. Budaya merupakan bagian dari seseorang dan tidak dapat di pisahkan karena itu suatu warisan atau bisa disebut dengan kebiasaan.

Pola hidup yang berbeda beda antara orang yang satu dengan orang yang lainnya merupakan ciri ciri kalau mereka memiliki budaya yang berbeda. Seperti contohnya orang jawa atau keturunan dari jawa menyukai makanan yang manis sangat berbeda dengan orang padang atau bisa di sebut orang sumatra menyukai makanan yang pedas. Kebudayaan sangat erat dengan masyarakat. Kenapa kebudayaan sangat erat dengan masyarakat ??

Menurut ane nih yee, karena segala sesuatu yang ada di masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri. Penilaian seseorang terhadap suatu kelompok masyarakat biasanya dilihat dari budaya mereka, apakah masyarakat tersebut itu sopan atau tidak.

Budaya mempengaruhi kehidupan kita seperti contoh nya orang batak gaya bicara atau logak bicara mereka kasar beda dengan orang jawa yang ramah. Di dalam kebudayaan masyarakat padang masih memandang derajat berbeda walawpun ada orang yang lebih tua tapi derajatnya lebih rendah dibanding orang yang lebih muda tetap orang yang tua tersebuat harus memanggil yang muda dengan sebutan wan atau om. Mereka tidak memandang umur melainkan memandang derajat yang ada pada orang tersebut. Kebudayaan dapat dibagi menjadi beberapa macam. diantaranya yang saya tau nih ye kebudayaan dalam bentuk agama, politik, adat istiadat, bahasa, karya seni, bangunan, jalan pikir dan kehidupan.