Kita sadari bahwa di dunia ini manusia tidak ada yang sempurna ada kelebihan dan ada kekurangan diantara mereka. Selalu ada yang kurang dari seorang manusia dengan kekurangan itu kita dapat mensyukuri kelebihan kita yang tidak ada di diri orang lain. Dan dengan adanya kelebihan dan kekurangan dan tidak adanya kesempurnaan kita akan menjadi rendah diri.

Dan juga dengan adanya kekurangan kita dapat menutupinya dengan kerendahan dan menjadikan sebagai manusia yang sempurna walaupun tidak sempurna. Penyakit hati biasanya terjadi karena seseorang tidak terima dengan kenyataan dan tidak bersabar. Oke saya akan menjelaskan 5

macam hal yang dapat mengotori hati :

1. Iri hati
Iri hati ini merupakan sifat buruk yang dapat mengotori hati, sifat ini  akan menyebebkan selalu merasa tidak senang dengan kesuksesan, kesenangan, keberuntungan, kebahagiaan yang di alami orang lain. Biasanya sifat ini akan menyebabkan orang yang memilikinya berusaha untuk menyaingi orang yang di irikannya, dengan cara baik maupun buruk. Jika cara baik untuk menyaingi orang tersebut tidak bisa maka akan di lakukan dengan cara tidak baik, biasanya yang sering di jumpai dikehidupan adalah mencemarkan nama baik biasanya disebut ngegosip broo. Untuk menghindari penyakit hati ini menurut saya banyak bersabar dan melihat realita kehidupan dan jangan lupa untuk sering berdoa kepada Allah dan berzikir untuk menenangkan hati dan menjauhkan dari segala
setan terkutuk.

2. Provokatif
Penyakit hati ini menyebabkan kita selalu akan mempengaruhi untuk melakukan tindakan yang buruk. Misalkan mempengaruhi seseorang untuk membenci sesuatu. Penyakit hati ini biasanya datang karena suatu kebencian seseorang yang mempunyai penyakit hati ini terhadap sesuatu dan untuk mendapat dukungan atas tindakannya maka ia akan menghasut seseorang atau memprovokasi. Untuk mehindari dari penyakit hati ini adalah menjauhi dari sifat membenci sesama atau membenci sesuatu dan menghargai apa yang menjadi pendapat orang lain sehingga kita tidak akan menghasut seseorang untuk tujuan sesuatu.

3. Menebarkan Fitnah
Penyakit hati ini merupakan yang paling banyak terjadi didunia ini. Ini adalah suatu kegiatan menyebarkan kejelekan orang akibatnya nama baik orang tersebut tercemar dan akhirnya orang yang mendengarkan keburukan tersebut membenci orang tersebut. Untuk menghindari dari penyakit hati ini adalah dengan menjaga rahasia orang lain. Dan cari lah kegiatan yang lebih berguna seperti mengaji bersama di banding berkumpul dan mengobrol bersama tetangga.

4. Berburuk Sangka
Penyakit hati ini adalah sifat yang selalu mencurigai atau menebak nebak bahwa orang lain telah berbuat buruk tanpa adanya bukti dan saksi yang jelas. Untuk menghindari penyakit hati ini adalah dengan cara tidak teralu percaya terhadap perkataan orang lain selain kita telah melihat dengan mata kepala kita sendiri. Walaupun kita tau tapi jangan di sebarkan kepada orang lain, biarkan Allah yang mengambil alih semua.

5. Ingkar Janji
Penyakit hati ini merupakan perlakuan yang tidak bertanggung jawab dan mengingkari atas amanat yang telah di limpahkan orang lain kepada kita. Untuk menghindari dari penyakit hati ini adalah jangan sering untuk mengucapkan janji jika tidak dapat memenuhinya karena setahu saya dalam islam arti dari sebuah janji adalah 99% itu iya dan 1% nya lagi adalah tidak tapi jika ada halangan.