Pandangan Hidup adalah pendapat atau pertumbangan atau pertimbangan yang dijadikan pegangan, pedoman, arahan, petunjuk hidup di dunia. Pendapat atau pertimbangan itu merupakan hasil pemikiran manusia berdasarkan pengalaman sejarah menurut waktu dan tempat hidupnya. Klasifikasi pandangan hidup berdasarkan asalnya .

  • Pandangan hidup berasal dari agama : pandangan hidup yang mutlak kebenarannya
  • Pandangan hidup berupa ideologi : disesuaikan dengan kebudayaan dan norma yang ada
  • Pandangan hidup hasil renungan : pandangan hidup yang relatif kebenarannya

Unsur unsur dalam pandangan hidup merupakan rangkaian yang tidak dapat dipisahkan. unsur unsur dalam pandangan hidup diantaranya :

  • CITA CITA

Cita cita adalah keinginan, harapan, tujuan yang selalu ada dalam pikiran manusia. Cita cita merupakan pandangan masa depan atau pandangan hidup yang akan datang. Apabila cita cita itu tidak dapat terpenuhi maka cita cita itu disebut anggan. Faktor manusia dapat mencapai cita citanya :

– Faktor manusia yang mau mencapai cita cita ditentukan kualitas dari manusianya. Manusia yang tidak berkemauan, sehingga cita citanya hanyalah khayalan. Cita cita merupakan motivasi atau dorongan dalam menempuh hidup.

– Faktor kondisi yang mempengaruhi cita cita, pada umumnya dapat disebut yang menguntungkan dan menghambat. Faktor yang menguntungkan merupakan kondisi yang memperlancar tercapainya cita cita, sedangkan faktor yang menghambat merupakan kondisi yang merintangi tercapainya suatu citacita.

– Faktor tingginya cita cita, dalam mengambil cita cita haruslah sesuai dengan kemampuan yang ada dalam diri manusianya.

  • KEBAJIKAN

Kebajikan adalah perbuatan yang mendatangkan kebaikan pada hakekatnya sama dengan perbuatan moral, perbuatan yang sesuai dengan norma-norma agama dan etika. Namun ada pula kebajikan semu, yaitu kejahatan yang berselubung kebajikan. Kebajikan semu ini berbahaya karena manusia yang melakukannya termaksud orang yang munafik, yang bermaksud mencari keuntungan diri sendiri. Faktor yang menentukan tingkah laku orang ada tiga. Faktor pembawaan yang telah ditentukan pada waktu seseorang masih dalam kandungan. Faktor kedua adalah lingkungan. Faktor ketiga adalah pengalaman yang pernah di peroleh.

  • USAHA / PERJUANGAN

Usaha / perjuangan adalah kerja keras untuk mewujudkan cita cita. Tanpa usaha /perjuangan manusia tidak akan hidup sempurna. Dalam agamapun diperintahkan untuk bekerja keras. Untuk bekerjakeras manusia dibatasi oleh kemampuan.

  • KEYAKINAN /KEPERCAYAAN

Keyakinan atau kepercayaan yang menjadi dasar pandangan hidup berasal dari akal atau kekuasaan tuhan. Menurut Prof.Dr.Harun Nasution ada tiga aliran filsafat :

– Aliran Naturalisme : HIdup ini dihubungkan dengan kekuatan gaib (Tuhan) yang merupakan kekuatan tertinggi.

-Aliran Intelektualisme : Dasar aliran ini adalah logika atau akal dari manusia.

-Aliran Gabungan : Dasar aliran ini adalah gabungan kekuatan gaib dan juga akal.

  • LANKAH BERPANDANGAN HIDUP YANG BAIK

Dengan mempunyai langkah langkah berpandangan hidup dapat memperlakukan pandangan hidup ini sebagai saran mencapai tujuan dan cita cita dengan baik. Langkag pertama adalah mengenal, merupakan kodrat manusia yaitu merupakan tahap pertama setiap aktivitas hidupnya. langkah kedua mengerti, mengerti akan pandangan hidup itu sendiri. Langkah yang ketiga menghayati, dengan menghayati pandangan hidup kita memperoleh pandangan yang tepat dan benar mengenai kebenaran pandangan hidup itu sendiri