Internet adalah jaringan komputer yang dibentuk oleh Departement Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969. Proyek ARPA yang disebut dengan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) ini lah yang mengenalkan internet pada dunia , dimana mereka memperagakan bagaimana hardware dengan software komputer yang berbasis UNIX dapat melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga. Dimulai pada tahun 1969 Departemen Pertahanan Amerika, DARPA(Defense Advanced Research Project Agency) mengadakan riset tentang bagaiman cara menghubungkan sejumlah komputer sampai membentuk jaringan organik, research ini dikenal dengan ARPANET.

Pada tahun 1970 berhasil menghubungkan 10 komputer sehingga dapat saling berkomunikasi. Pada tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil membuat program email yang ia ciptakan setahun lalu untuk ARPANET. Pada tahun yang sama pula icon @ diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukan “at” atau bisa disebut “pada”. Tahun 1973 jaringan komputer ARPANET berkembang sampai keluar Amerika Serikat, komputer pertama yang menjadi anggota dan berada diluar Amerika Serikat adalah komputer University college di London. Pada tahun yang sama Vinton Cert dan Bob Kahn memberikan gagasan yang akan menjadi cikal bakalnya pemikiran dunia internet, ide ini disampaikan di University Sussex.

Pada 26 Maret 1976 Ratu Inggris mengirimkan email dari Royal Signals ke Radar Establishment di Mealvern. Setahun kemudian sudah lebih dari 100 komputer yang terhubung ke ARPANET membentuk jaringan atau network. Tahun 1979 Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, membuat newsgroups pertama yang diberikan nama USENET. Tahun 1981 France Telecom meluncurkan telpon televisi, dimana kita bisa saling menelepon sambil berhubungan dengan video link. Pada tahun 1982 dibentuk protokol resmi karena sudah banyak yang terhubung Transmission Control Protocol (TCP) dan Internet Potokol (IP).

Di Eropa muncul jaringan komputer yang dikenal Eunet yang menyediakan jasa jaringan dinegara negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia. Eunet juga menyediakan jasa email dan newsgroups USENET. Untuk menyeragamkan jaringan maka diperkenalkan sistem nama domain yang kini disebut dengan DNS (Domain Name System) pada tahun 1984. Pada Tahun 1988 Jarko Oikarinen dari Finland memperkenalkan IRC (Internet Relay Chat). Setahun kemudian jumlah komputer yang terhung sekitar 100.000 komputer membentuk sebuah jaringan.

Tahun 1990 adalah tahun bersejarah dalam dunia internet, Tim Berners Lee membuat program editor dan browser yang bisa menjelajah dari satu komputer ke komputer lain. Program inilah yang disebut www(Worl Wide Web). Tahun 1993 muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994 situs internet menjadi 3000 alamat halaman.

Internet sekarang memungkinkan adanya servis terkini (Real-time service), seperti web radio, dan webcast, yang dapat diakses di seluruh dunia. Selain itu melalui Internet dimungkinkan untuk berkomunikasi secara langsung antara dua pengguna atau lebih melalui program pengirim pesan instan seperti Camfrog, Pidgin (Gaim), Trilian, Kopete, Yahoo! Messenger, MSN Messenger dan Windows Live Messenger. Beberapa servis Internet populer yang berdasarkan sistem tertutup (Proprietary System), adalah seperti IRC, ICQ, AIM, CDDB, dan Gnutellla