Html5 adalah sebuah bahasa pemrograman untuk memnuat dan menampilkan isi dari www atau sebuah website. Html 5 merupakan revisi kelima dari html. Html merupakan sebuah teknologi inti dari Internet. Versi pertama html diciptakan pada tahun 1990. Tujuan dari pengembangan html 5 adalah untuk memperbaiki versi html sebelumnya agar mendukung pada teknologi multimedia terbaru dan juga agar mudah dibaca oleh manusia dan tidak lepas dari dapat dimengertinya bahasa ini oleh mesin.

Html5 ini adalah suatu karya dari word wide wub consortium atau dapat disingkat w3c. Html5 ini adalah suatu jawaban dari pengembangan html4.0.1 dan xhtml1.1 yang berjalan terpisah selama ini dan diimplementasikan secara berbeda beda oleh banyak perangkat lunak pembuat web.

Pada HTML 5 diperkenalkan beberapa elemen baru dan atribut yang merefleksikan tipikal penggunaan website modern. Beberapa diantaranya adalah pergantian yang bersifat sematik pada blok yang umum digunakan: yaitu elemen (<div>) dan inline (<span>), sebagai contoh (<span>) (sebagai blok navigasi website) dan <footer> (biasanya dikaitkan pada bagian bawah suatu website atau baris terakhir dari kode html). Banyak elemen lain yang memberikan kegunaan baru melalui antar muka yang telah distandarkan, seperti elemen multimedia <audio> dan <video>. Beberapa elemen yang telah ditinggalkan juga ditiadakan, termasuk elemen presentasi semata seperti <font> dan <center>, yang sebenarnya dapat dikerjakan menggunakan CSS

Sebuah peramban web HTML5 (text/html) akan fleksiblel dalam menangani kesalahan sintaks. HTML5 telah didesain agar peramban web lama dapat dengan aman mengabaikan konstruksi HTML5 yang baru. Perbedaan mendasar dengan HTML 4.01 adalah spesifikasi HTML5 memberikan aturan detail untuk menyeleksi dan memparsing sebagai persyaratan agar berbagai peramban web tetap memberikan hasil yang sama saat terjadi kesalahan sintaks. Meskipun HTML5 telah memiliki perilaku konsisten untuk menangani dokumen-dokumen tag atau ditandai , dokumen seperti ini tidak dapat dikatakan telah memenuhi standar HTML5.

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/HTML5