ss

Pertama untuk membuat gelas masukan bentuk cylinder dengan cara add lalu mesh lalu masukkan bentuk cylinder.

Untuk membuat lubang di tengah gelas pertama rotate dahulu cameranya agar dapat dengan mudah melihat sisi atas dari cylinder yang akan di buat lubang gelas dengan menekan tombol scroll lalu di arahkan dari atas. Lalu untuk membuat lubangnya kita ubah dari object mode ke edit mode lalu tekan x dan pilih face hingga muncul titik-titik pada sisi cylinder seperti ini

aa

Pilih bagian atas dari cylinder itu dengan cara klik kanan pada tutup dari cylinder itu dan tekan x dan pilih face hingga berbentuk seperti ini :

cc

Sekarang sudah berbentuk seperti gelas sekarang kita akan bentuk bawah gelas agar lebih kecil dan terlihat lebih menarik,sekarang kita pilih bagian dari tutup bawah gelas dengan klik kanan pada tutup bawah gelas.

vv

Lalu tekan s dan tarik hingga bagian bawah gelasnya mengecil dan berkerucut seperti ujung gelas.

ff

Lalu apabila sudah seperti itu kita akan membuat gagang dari gelas itu dengan cara membuat perbandingan garis dengan cara tekan ctrl+r pada bidang gelas lalu kita scroll untuk membuat banyaknya celah gelas.

hh

Dan menjadi seperti ini

kk

Lalu pilih kedua sisi seperti di bawah ini dan tarik keluar dengan cara menekan tombol e.

Dan buat seperti itu juga untuk tengan gagang gelasnya

qq

Lalu untuk memperbagus bagian bawahnya pilih bagian bawah gelas lalu klik kanan pada bagian itu lalu tekan s lalu tarik ke dalam hingga permukaan gelas menjadi lebih cekung.

Lalu tekan tab untuk mengubah kembali tampilan ke object mode untuk melihat gelas yang sudah kita buat.

Untuk memberi warna pada gelas pertama pilih menu material di toolbar sebelah kanan

Lalu beri warba di diffuse dan setelah itu gelas akan berubah menjadi warna yang kita inginkan,pada contoh yang kita buat gelas di berikan warna biru. Lalu kita render dan hasilnya seperti ini

asd