Teknologi otomatisasi sedang berkembang pesat pada masa ini.  Di masa depan semua akan berjalan secara automatis sehingga mengurangi kesalahan yang dilakukan manusia (human error). Teknologi otomatis sekarang terbukti dapat menimbulkan banyak hal positif dan dapat di kembangkan sehingga dampak negatifnya berkurang. Teknologi masa depan tentang otomatisasi juga dapat diterapkan pada gedung gedung bertingkat yang mengkonsumsi banyak tenaga listrik. Gedung gedung ini banyak digunakan diantaranya sebagai tepat tinggal (apartement) maupun perkantoran. Bukan hanya gedung, dengan teknologi otomatis dapat juga merambah pada bangunan bangunan kecil.

Dilihat dari waktu kegiatan, semua orang melakukan kegiatannya pada pagi hari sampai dengan sore hari. Pada waktu tersebut banyak orang melakukan kegiatannya yang bergantung pada tenaga listrik. Di masa sekarang tenaga listrik sangat berperan penting dalam kehidupan sehari hari. Bahkan tenaga listrik sekarang ini sudah sangat diperlukan, tanpa adanya tenaga listrik kita tidak dapat melakukan aktifitas seperti biasanya.

Dengan adanya metode otomatis, kita dapat menghemat daya dengan menciptakan sendiri tenaga listrik. Seperti contohnya panel surya dll. Untuk gedung bertingkat dapat menggunakan panel surya ditambah dengan tenaga angin karena pada ketinggian gedung angin bergerak kencang. Dengan adanya dua tenaga ini kita dapat membuat tenaga listrik yang cukup untuk keperluan perkantoran. Dengan metode ini tidak semua gedung kebutuhan listrik dapat terpenuhi, lalu bagaimana. Disini kita membutuhkan sebuah alat logic yang dapat mengatur arus seperti microcontroler. Tugas dari microcontroller ini menangani pendistribusian tenaga listrik. Dari dua tenaga listik yang baru tersebut di alirkan ke battrey. Kenapa harus ada baterai ? Jika tenaga listrik berlebihan kita dapat memasukan kelebihan tenaga listrik tersebut ke dalam baterai sehingga dapat dipakai kembali jika dibutuhkan, disini kita juga membutuhkan sebuah microcontroller.

Microcontroller kedua dibutuhkan untuk mengatur masukan dari baterei dan dari tenaga listrik PLN. Jika dati baterei tidak mencukupi maka di butuhkan bantuan dari PLN. Dari sini kita sudah mendapatkan energi listriknya. selanjutnya kita melakukan penghematan dengan cara penggunaannya. contohnya kamar mandi menggunakan sensor panas dari tubuh manusia sehingga jika ada manusia maka listrik di tempat tersebut dialirkan. selanjutnya dari lampu jalan lobby dan lain lain yang sekiranya pada siang hari tidak dibutuhkan adanya penerangan. disini kita juga membutuhkan otomatis. Seperti itulah penghematan yang terpikir oleh saya. Kurang lebihnya saya mohon maaf.